Camat Dusun Timur. Arief Sujai
TAMIANG LAYANG- Untuk perekaman Elektronik KTP (e-KTP)yang dilaksanakan di 10 Kecamatan yang ada di  Kabupaten Bartim, tahap pertama berakhir pada pertengahan Oktober -2012. Tetapi apabila data perekaman di masing-masing kecamatan banyak yang belum terekam atau belum selesai, maka pihaknya akan memperpanjang sampai 31 – Desember – 2012 dengan harapan pada akhir tahun 2012 ini semua data perekaman harus sudah selesai di 10 Kecamatan yang ada di Bartim.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bartim Drs. Thipiluos melalui Kabig Kependudukan Elin ketika kepada Metro7, Kamis (27/09) mengatakan, untuk perekaman e-KTP di 10 Kecamatan sudah mencapai 40 persen yang sudah tercapai, seperti Kecamatan Dusun Timur hanya 29 persen, Kecamatan Dusun Tengah hanya 30 persen, dan Kecamatan lainnya masih di bawah 40 persen, jadi dari 10 Kecamatan yang ada di bartim baru Kecamatan Paku yang telah mencapai 40 persen dan 1 kecamatan yang masih terkendala yaitu Kecamatan Benua Lima karena mereka masih mengandalkan genset untuk melakukan perekaman.
 “Jadi untuk Kecamatan benua lima angka penduduknya kecil karena dibawah 5 ribu jiwa yang wajib dibuatkan KTP. Sedangkan Kecamatan yang lain telah mencapai 75 persen untuk perekaman yang 60 tahun ke atas,” katanya.
 
Kabig Kependudukan
Elin
Bagi warga yang sudah memiliki KTP se umur hidup juga diwajibkan untuk melakukan perekeman data, sehingga semua terdata secara akurat.
Selain itu juga Camat Dusun Timur Arief Sujai mengatakan untuk Kecamatan Dusun Timur yang ditargetkan untuk wajib e-KTP sebanyak 20 ribu orang terbagi dari 16 Desa.
“Dalam pelaksanaan perekaman kami akan panggil melalui undangan yang diserahkan kepada kepala desa masing-masing untuk membagikan kepada warganya,” ucapnya sembari menambahkan pada saat ini pihaknya sedang melakukan perekaman data e-KTP kepada masyarakat di kecamatan Dusun Timur.
Ditempat terpisah Camat Paku Tugu Nahan menambahkan untuk perekaman e-KTP untuk kalangan PNS dilakukan perekaman pada sebelum tanggal 16 mendatang.
“Kami telah melakukan perekaman ini mulai tanggal 16 juli sampai dengan bulan Oktober 2012 mendatang, sehingga dalam perekaman e-KTP sekarang ini tidak ada yang memiliki inisial yang ganda/berlapis semuanya terlaksana dengan baik, aman dan lancar saja,” ujar Nahas. Metro7/ali