Budi Santoso, Spd
Kepsek SMAN 1 Dusun Tengah,
TAMIANG LAYANG – Keinginan kuat dan rasa kebersamaan menjadikan semangat bagi sekolah SMAN 1 Dusun Tengah, dalam menata dan menumbuhkan kembali semangat membaca bagi murid maupun guru yang ada di sekolah melalui perpustakaan sekolah.
Hal ini pun diungkapkan kepala sekolah SMAN 1 Dusun Tengah Budi Santoso ketika ditemui Metro7 dikediamannya belum lama tadi mengatakan, rasa keinginan dan kebersamaan itu lah, menjadikan perpustakaan yang ada disekolah sebagai tempat santai dan berkumpul bagi guru maupun siswa sambil mereka membaca dan belajar.
“Sehingga perpustakaan yang ada di SMAN 1 Dusun Tengah, belum lama tadi berhasil untuk mewakili Kabupaten Barito Timur di tingkat Provinsi Kalteng dalam rangka lomba perpustakaan antar sekolah di tingkat Provinsi, karena perpustakaan tersebut telah berhasil meraih juara 1 lomba perpustakaan antar sekolah beberapa waktu lalu,” katanya.
Dia juga menambahkan, keberhasilan yang diraih sekolah, merupakan bukti nyata dan kerja keras oleh pihak sekolah selama ini, dalam membina dan menata kembali perpustakaan sekolah, karena tanpa adanya kebersamaan dan dukungan dalam berbagai pihak, semua itu tidak akan terwujud dan terlaksana apalagi sampai meraih juara, hal tersebut merupakan wujud dari kebersamaan semua.     
Masih kata Budi, Perpustakaan merupakan tempat bagi orang membaca atau pun menambah ilmu pengetahuannya, maka dari itu lah ruangan perpustakaan maupun tempatnya harus mendapatkan perhatian ekstra agar perpustakaan menjadi tempat yang dimanati oleh banyak orang, terutama kenyamanan tempatnya serta pasilitasnya dan penataan maupun kelengkapan buku nya.
“Sehingga dengan tempat yang nyaman dan pasilitas yang memadai salah satu menjadikan daya tarik bagi orang untuk minat membaca dan berkunujung ke perpustakaan, selain pada penataan perpustakaan yang ada disekolah, pihaknya juga berencana untuk membangun perpustakaan digital (Online), saat ini masih dalam proses dan mudah-mudahan tahun kedepan untuk perpustakaan digital yang direncanakan sekolah bisa terwujud sebagai perpustakaan yang dimilikin sekolah, ”jelas Budi.
Budi juga menambahkan dengan kelengkapan dan kenyaman yang dimiliki dari perpustakaan sekolah, bisa memberikan motivasi dan semangat bagi siswa maupun masyarakat umum dalam hal mencari ilmu dan pengetahuan bagi seseorang. “ Sehingga murid tersebut bisa menganggap perpustakaan bagian dari surganya yang dimiliki sekolah,” pungkasnya. (Ali/Rul/Metro7)