WONOSOBO, Metro7.co.id – Bupati Wonosobo Melantik 35 Relawan Penanggulangan Bencana Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah di Pendopo kecamatan Garung, Rabu (30/3).

Sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan bencana di semua wilayah Kabupaten Wonosobo, Bupati Wonosobo mengajak kepada semua elemen masyarakat, Perintahan Desa dan Kecamatan untuk membentuk relawan penanggulangan bencana mengingat hampir semua wilayah Kabupaten Wonosobo rawan terhadap bencana utamanya tanah longsor.

Hal itu diungkapkan Bupati Wonosobo pada acara pelantikan tim penanggulangan Bencana Kecamatan Garung di pendopo kecamatan.

Acara tersebut hadir pula Wakil Bupati, Kalak BPBD, Kabid Irigasi DPUPR, Camat Garung, forkopincam Garung, direktur PT Indonesia power, dan Kades se- Kecamatan garung.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Wonosobo mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Desa dan Kecamatan yang telah membentuk Relawan Penanggulangan Bencana (RPB) di tingkat Kecamatan dan Desa Kelurahan.

“RPB sebagai tangan panjang BPBD, merupakan garda terdepan dalam urusan kebencanaan, mulai dari Mitigasi, Evakuasi sampai dengan pasca bencana,” kata Bambang Tri selaku Kepala Pelaksana PBPD Kabupaten Wonosobo.

“Minimal ketika ada bencana di wilayah maka relawan setempat sudah bisa mengatasi dan pertolongan serta evakuasi pertama. Berharap di semua Desa/Kelurahan dan Kecamatan aka segera terbentuk relawan/wati tangguh,” tandasnya.

Usai acara pengukuhan dilanjutkan “Resik-resik Wangan Aji” yang terletak di tepi jalan Wonosobo – Dieng Kecamatan Garung.