CILACAP, metro7.co.id Riyanto Kasiman (50), korban tenggelam di Sungai Serayu pada Sabtu, 31 Juli 2021 pukul 09.00 WIB, ditemukan Minggu (1/8/2021).

 

Tim SAR gabungan berhasil menemukan korban di hari kedua pencarian. Saat ditemukan, korban dalam keadaan meninggal dunia.

 

I Nyoman Sidakarya, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap mengatakan, korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada Minggu (1/8/2021) sekitar pukul 10.45 WIB di sekitar lokasi kejadian dan langsung dibawa ke rumah duka.

 

Menurut Nyoman, pencarian di hari kedua ini dilakukan dengan melakukan penyisiran menggunakan perahu karet ke arah hilir sungai, dan penyisiran dengan RIB (Rigit Inflatable Boat) di muara dan pantai Adipala, Cilacap, dibantu oleh perahu milik penambang pasir dan potensi SAR lainnya.

 

Dengan ditemukannya korban, secara resmi Operasi SAR dinyatakan ditutup dan seluruh unsur dikembalikan ke kesatuan masing-masing.

 

Ditanya kendala saat pencarian, Nyoman menerangkan bahwa area pencarian yang luas, pasang surut sungai dan laut, dan banyaknya galian pasir di sungai tersebut.

 

Korban merupakan warga Jalan Dahla RT 02 RW 02 Desa Gombolharjo, Kecamatan Adipala, Cilacap, tenggelam di Sungai Serayu pada Sabtu (31/6/2021) 0/pukul 09.00 saat korban menghadiri undangan untuk pengukuran tanah. 

 

Pada saat menyeberang, perahu yang ditumpangi korban oleng, kemudian hilang dan tenggelam.

 

Unsur SAR gabungan terdiri dari Basarnas Cilacap, BPBD Cilacap, Polsek Adipala, Koramil Adipala, Cilacap Rescue, Bagana, RAPI, Ubaloka, Pramuka Peduli, Serayu Rescue, IEA Cilacap, SAR MTA, MDMC Cilacap, dan warga sekitar. ***