BANGKA BELITUNG, metro7.co.id — Wakapolda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Brigadir Jenderal Polisi Drs. Umardani M.Si memimpin acara “Pelatihan Pra Operasi Aman Nusa II Menumbing 2021” yang digelar di Gedung Tribrata Polda Babel, Pangkal Pinang, pada Rabu (28/07/21).

Dalam acara tersebut Wakapolda turut didampingi Irwasda dan Karo Ops Polda Babel, dan dihadiri pula oleh sejumlah pejabat utama Polda Babel beserta personil kepolisian lainnya.

Wakapolda mengatakan mengingat saat ini ada beberapa wilayah di Bangka Belitung yang telah diberlakukan PPKM Level III dan IV, maka dibutuhkan upaya pencegahan dan penanganan pandemi COVID-19 secara maksimal di wilayah hukum Polda Babel hingga satu bulan ke depan.

“Yang mana kita ada level III dan IV. Ada 3 wilayah yang dinyatakan wilayahnya level IV berdasarkan instruksi Mendagri, yakni Kabupaten Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur, dan selebihnya ada 1 kota dan 3 Kabupaten level 2,” tutur jenderal bintang satu itu.

Lebih lanjut Umardani menerangkan, untuk wilayah yang diberlakukan PPKM level III dan IV, pihaknya akan memberi edukasi secara persuasif kepada masyarakat mengenai beberapa kegiatan masyarakat yang mesti dibatasi.

Ia pun meminta masyarakat agar bisa memaklumi dan memahami situasi saat ini, supaya dapat menghindari terjadinya gesekan sosial.

“Ini tentu masyarakat terganggu karena dibatasi kegiatannya. Tapi tujuannya untuk mencegah dan menanggulangi serta menekan laju pertumbuhan angka COVID-19,” ucapnya yang menegaskan kalau sebaran COVID-19 di Bangka Belitung saat ini masih terbilang sangat tinggi, bila merujuk data kasus positif COVID-19 beberapa hari terakhir.

Karena itu dirinya mengungkapkan dalam melaksanakan “Operasi Aman Nusa II Menumbing 2021” ini pihaknya akan fokus terhadap objek-objek yang menjadi pusat keramaian seperti pasar, terminal, pelabuhan, bandara, dan tempat lain yang dinilai banyak terjadi pelanggaran protokol kesehatan COVID-19.

Dengan adanya operasi ini ia berharap bisa menekan angka kasus positif COVID-19 di daerah sesuai harapan Kapolri.

“Yang level IV ke level III, dan yang level III ke level II. Mudah-mudahan nantinya ada zona kuning dan bahkan ada hijau. Ini bisa kita lakukan manakala masyarakat mau mendukung juga mau meningkatkan kesadaran melaksanakan protokol kesehatan,” tutupnya berharap.

Sementara latihan ini sendiri mengangkat tema “Melalui Pelatihan Pra Operasi Aman Nusa II Menumbing 2021, Kita Optimalkan Pelaksanaan PPKM dan Vaksinasi Guna Menekankan Penyebaran COVID-19 Dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Sehat dan Ekonomi Bangkit di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung”.