MALTENG, metro7.co.id – Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu L Leleury membuka kegiatan Festival Martha Tiahahu di depan Monumen Martha Christina Tiahahu di Negeri Abubu Kecamatan Nusalaut Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (4/1/2022).

Pembukaan kegiatan ini dalam rangka menyemarakan Hari Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu Ke-204 yang ditandai dengan pelepasan peserta lari maraton mengelilingi Pulau Nusalaut sejauh 24 km. Peserta maraton kurang lebih diikuti oleh 100 peserta.

Dalam sambutannya, Leleury atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah, mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya event Festival Martha Christina Tiahahu yang digelar di tanah kelahiran Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat akan seni dan budaya yang dikemas melalui lomba tradisional, sebagai salah satu kearifan lokal sekaligus memperkaya khasanah budaya nasional,” kata Leleury. 

Lanjutnya, kegiatan ini merupakan kebanggaan bagi seluruh masyarakat di Pulau Nusahulawano secara khusus dan masyarakat Maluku secara umum karena perjuangan Martha Christina Tiahahu pada 204 tahun yang lalu, telah menjadi bukti sejarah keberanian wanita Maluku dalam membela tanah air tercinta.

“Kisah kepahlawanan Martha Christina Tiahahu melawan penjajah mestinya tertanam di dalam sanubari seluruh warga masyarakat Maluku dimanapun berada, serta dapat menggugah hati dan tekad kita untuk terus berjuang dan maju, cerdas serta berdaya saing demi kemajuan daerah,” pungkas Leleury.

“Saya sangat berharap, melalui Festival Martha Christina Tiahahu ini, maka akan dapat menggairahkan semangat generasi muda agar terus berkiprah, tetap semangat, inovatif dan selalu kreatif,” lanjutnya.

Selain itu, momentum ini dapat kita manfaatkan sebagai sarana mengikutsertakan komponen bangsa dalam menyuburkan interaksi sosial yang sehat, meningkatkan persatuan dan kesatuan, serta kebersamaan dan kekompakan untuk membangun daerah.

“Kepada masyarakat saya harapkan marilah kita mendukung kegiatan ini dengan tetap ikut menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan selama perlombaan digelar,” harapnya.

Selain Lomba lari marathon, ada juga mata lomba mancing, makan papeda, cucu atap bagi peserta lomba perayaan Festival HUT ke 204 Martha Tiahahu.**