SULA, Metro7.co.id – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) siap memberikan bantuan terhadap korban kebakaran Lima Rumah warga di Desa Rawa Mangoli, Kecamatan Mangoli Utara.

Kejadian yang menghanguskan lima rumah warga di Desa Rawa Mangoli oleh si jago merah pada akhir tahun 2021 itu kurang lebih kerugiannya mencapai puluhan juta rupiah, Senin (10/1).

Kepala Dinsos (Kadinsos), Rahmat Fataruba saat di konfirmasi metro7.co.id mengatakan, pagu anggaran di 2022 yang terletak pada Dinsos sangatlah kecil, sehingga pihaknya dapat memberikan bantuan hanya berupa pakaian sekolah, alat dapur, dan tempat tidur.

“Kami bisa bantu untuk memberikan bantuan, asalkan dari pihak Desa Rawa Mangoli segera bersurat ke Pemda, agar kami dapat melampirkan Kartu Keluarga (KK) korban kebakaran, biar diketahui berapa banyak jumlah korban tersebut,” ujar Kadinsos, Rahmat Fataruba saat di temui di ruang kerjanya.

Rahmat menyebutkan, pihaknya mempertegaskan pada sistem administrasi dalam artian pihak Desa harus menyurati ke pemda dan tembusannya ke Dinsos agar tidak salah sasaran saat memberikan bantuan sosial.

“Pihak Desa harus menyurati dulu ke pemda dan tembusan ke Dinas agar ketika kami memberikan bantuan tidak salah sasaran. Selanjutnya stok untuk bantuan sembako di Dinsos sudah tidak ada,” sebut Rahmat.

Pada Dinas Sosial (Dinsos), Rahmat juga menjelaskan bahwa, anggaran Dinsos di perkecil karena adanya pemangkasan. Namun pihaknya tetap siap memberikan bantuan terhadap korban asalkan Kepala Desanya menyurati ke pemda.

“kami menunggu Desa Rawa Mangoli menyurati dulu ke Pemda dan tembusan ke Dinas Sosial agar bantuannya dapat di salurkan secepatnya,” pungkasnya.