LABUAN BAJO, metro7.co.id – Beragam jenis logistik protokol kesehatan (prokes) siap didistribusikan KPU Kabupaten Manggarai Barat ke 586 TPS yang tersebar di 12 Kecamatan.

Pantauan metro7.co.id pada Rabu (25/11/2020), ratusan kardus berisi logistik prokes Pilkada tampak menumpuk rapi di gudang KPU Mabar.

Kasubag Umum Logistik Pemilu KPU Mabar, Benediktus Bagung kepada wartawan di gudang KPU Mabar merincikan jenis dan jumlah logistik prokes pilkada yakni Handsanitizer 825 botol, sabun cuci tangan 1411 buah, cairan disinfektan 801 botol, frayer (alat semprot) 586 buah dan ember kran 1172 buah.

“Kita jadwalkan distribusi logistik pilkada termasuk surat suara ke seluruh TPS paling jauh pada 7 Desember dan 8 Desember untuk TPS yang dekat,” ujar Benediktus Jagung.

Benediktus Bagung menjelaskan, 586 buah kotak suara dan 177.232 surat suara Pilkada tahun 2020 juga telah tiba di gudang KPU Kabupaten Manggarai Barat.

“Surat Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat Tahun 2020 yang diterima KPU Kabupaten Manggarai Barat sejumlah 177.273 lembar. Terdiri atas jumlah surat suara sejumlah DPT per TPS ditambah 2,5% dari DPT tersebut untuk masing-masing TPS,” jelasnya.

Bagung menambahkan, surat suara sejumlah itu kemudian disortir untuk memastikan kelayakannnya saat digunakan di TPS. Untuk kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara itu, jelas Benediktus, KPU Mabar telah merekrut tenaga sortir sebanyak 50 orang disesuaikan dengan kapasitas ruangan agar dalam pelaksanaannya lebih efektif dan efisien mengingat pelaksanaan tahapan pilkada di tengah kondisi pandemi Covid-19.

“Karena itu pencegahan penyebaran covid-19 kita perhatikan betul sesuai protokol kesehatan. Sebelum melakukan penyortiran, dilaksanakan pengukuran suhu tubuh, memakai masker, jaga jarak dan seterusnya, semuanya sudah kami tuangkan dalam tata tertib penyortiran surat suara,” ujarnya.

Terpisah, Juru Bicara Komis Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai Barat, Christ B Somerpes mengabarkan, sebanyak 36.000 telah disortir pada hari pertama, Selasa (24/11) dari total 177.273 lembar surat suara yang ada di gudang logistik KPU Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Ia menjelaskan, penyortiran dan pelipatan Surat Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat Tahun 2020 mulai dilakukan Selasa (24/11) kemarin. KPU Mabar merencanakan kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari hingga Jumat (27/11). Ada 50 petugas yang direkrut KPU untuk melakukan penyortiran surat suara. Mereka bekerja
mulai pukul 08.00 Wita sampai pukul 17.00 Wita.

“Ada 36.000 yang sudah disortir Selasa kemarin. Untuk hari ini belum kita hitung karena penyetoran sementara berlangsung”, ujar Christ Somerpes saat dikonfirmasi para Wartawan di Kantor KPU Mabar, Rabu (25/11).

Pantauan metro7.co.id, Rabu (25/11), puluhan anak sekolah di kota Labuan Bajo tampak sedang melakukan sortir surat suara di lantai dua kantor KPU Mabar. Kegiatan pengepakan surat suara ini dijaga ketat aparat keamanan dari Polres Mabar.

Sementara itu, Tim Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mabar yang dipimpinan Anggota/Kordiv HP3S, Frumensius Menti memulai pengawasan proses penyortiran, pelipatan, dan pengepakan Surat Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat Tahun 2020 di Kantor KPU Mabar, Labuan Bajo, sejak Selasa (24/11).

Dijelaskannya ada beberapa variabel kerusakan Surat Suara yang sortir, yakni adanya noda pada area gambar Paslon, terdapat sobekan kecil pada Surat Suara, terdapat bercak-bercak di bagian muka (di luar area gambar Paslon), terdapat kerutan pada Surat Suara dan adanya konten atau bagian Surat Suara yang kosong di muka/belakang Surat Suara.

“Selanjutnya Tim Pengawas memastikan Surat Suara yang sortir tersebut dipisahkan dari yang benar-benar layak digunakan pada saat pemungutan Suara di TPS. *