MALAKA, metro7.co.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Leunklot, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT),  kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bulan pertama tahap satu tahun anggaran 2021 kepada 139 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Selasa (22/6/2021) di kantor desa setempat.

Sekretaris Camat Weliman Zakarias Tahu mengatakan, besaran bantuan yang disalurkan berjumlah Rp 300 ribu per KPM. Itu untuk bulan pertama. Sedangkan untuk bulan berikutnya, akan disalurkan setelah laporan pertanggungjawaban penyaluran  hari ini dimasukkan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

“Uang ini pemerintah kasih untuk beli kebutuhan makan minum di tengah situasi covid-19 yang masih meningkat,” ujar Zakarias.

Sementara itu, Penjabat Kepala Desa Leunklot Paulus Bria Taek mengatakan, sesuai musyawarah penetapan KPM, ada tiga KPM yang pergi merantau dari desanya. Sehingga, pihaknya mengganti dengan tiga Kepala Keluarga (KK) miskin untuk melengkapi kuota penerima manfaat tersebut agar jumlahnya pas 139.

“Untuk bulan pertama kita salurkan Rp 41,7 juta bagi 139 KK dari total dana BLT dalam 12 bulan sejumlah Rp 500.420.000,00 dari pagu anggaran Dana Desa sejumlah 823 juta,” katanya.

Paulus Bria Taek mengimbau, bantuan digunakan untuk kebutuhan pokok rumah tangga.[]