BALANGAN – Setali tiga uang, keikutsertaan Kabupaten Balangan dalam event Pekan Inovasi Kalimatan Selatan Ke-14 Tahun 2014 (Kalsel Expo 2014) pekan lalu di Kota Banjarbaru, selain mempunyai kesempatan untuk lebih memperkenalkan Balangan kepada publik, pendirian stand Balangan juga tanpa diduga mendapat penghargaan sebagai Juara Pertama Stand Terbaik untuk kategori peserta kelompok Pemerintah Kabupaten/Kota.
TROPY penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Walikota Banjarbaru Ogi Fajar Nuzuli selaku tuan rumah tempat penyelenggaran Kalsel Expo 2014, kepada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Balangan Akhriani, pada acara penutupan Kalsel Expo 2014 yang bertempat di Lapangan Dr Murdjani Banjarbaru, Jum’at (29/8).
Sekedar untuk diketahui, Kalsel Expo 2014 dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-64, yang diikuti oleh instansi Pemerintah dan swasta, baik Provinsi, Kabupaten/Kota, Dekranasda, BUMN/BUMD dan Bank se-Kalimantan Selatan.
Kegiatan itu sendiri digelar selama tujuh hari sejak tanggal 22 Agustus sampai dengan 29 Agustus 2014, event ini resmi ditutup oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan M Arsyadi.
Dalam sambutannya M Arsyadi menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh peserta atas  partispasinya memeriahkan Kalsel Expo 2014, serta mengharapkan pelaksanaan event ini semakin semarak untuk tahun-tahun mendatang.
Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Balangan Akhriani SPd, MAP, berharap keikutsertaan Kabupaten Balangan pada event Kalsel Expo 2014 ini diharapkan dapat menjadi sarana publikasi, agar masyarakat secara luas dapat melihat program dan realisasi pembangunan yang ada di Kabupaten Balangan.
Terkait penghargaan yang diraih, Kepala SKPD termuda di Balangan ini juga menambahkan bahwa stand Kabupaten Balangan terpilih sebagai pemenang berdasarkan hasil penilaian terhadap rancang bangun stand, materi dan isi stand, profesionalitas maupun keramahan petugas stand serta informasi yang diberikan.
”Memang selama Kalsel Expo 2014 berlangsung, stand Balangan dapat menarik perhatian ribuan pengunjung yang ingin melihat perkembangan pembangunan, potensi daerah, peluang investasi dan sektor-sektor unggulan daerah di Bumi Sanggam,” akunya.
Selain mendapat penghargaan, pada acara penutupan Kalsel Expo 2014 ini Balangan juga mendapat kepercayaan untuk menyajikan hiburan berupa pertunjukan kesenian tarian Adat Dayak Balangan Gentur Pakansaan oleh Sanggar Wadian Tambai, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan.
Tarian ini merupakan tarian rakyat yang sudah berkembang di masyarakat Dayak pedalaman Balangan dan menggambarkan keceriaan, kegembiraan serta semangat warga untuk membangun dalam kebersamaan.  (metro7/sri)