KANDANGAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS)  dalam waktu dekat ini  berkeinginan mengalihfungsikan penggunaan lapangan Sepak Bola Gagah Lurus Kandangan menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH). Pengalihfungsian lapangan tersebut, bertujuan untuk mempercantik Ibu Kota Kabupaten HSS.
Dari informasi di lapangan, pengalihfungsian tersebut masih dalam perencanaan dan menjalani proses di Kementerian. Jika ijin sudah dikantongi, maka perencanaan tersebut akan segera direalisasikan dengan membuat berbagai perencanaan penanaman.
Kegiatan olahraga seperti sepak bola yang kerap dilakukan masyarakat dan beberapa club di Lapangan Gagah Lurus, akan dialihkan ke Stadion Olahraga di Desa Ganda Kecamatan Kandangan. Saat ini, di Stadion Ganda sudah dilengkapi dengan  berbagai fasilitas.
Sebelum Lapangan Gagah Lurus dialihfungsikan, stadion yang disiapkan di Desa Ganda, sudah disiapkan dengan baik oleh pemerintah daerah. Terkait dengan adanya kekurangan fasilitas yang kurang, nantinya pemerintah daerah akan menambah kelengkapannya.
Bupati HSS Drs Achmad Fikry mengatakan terkait dengan akan dialihfungsikannya Lapangan Gagah Lurus  mengatakan rencana pengalihfungsian lapangan sepak bola tersebut menjadi RTH. Sudah lama, namun baru  ini dikemukakan karena adanya tuntutan bahwa setiap kabupaten kota yang ada di Indonesia diminta membangun RTH. Tujuannya adalah untuk membangun kantong oksigen ditengah kota dan memberikan tempat teduh bagi masyarakat yang ada di HSS.
” Dibangunnya RTH bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat untuk melepas lelah dan mendapatkan hiburan,”ujar Bupati.
Lebih rinci dijelaskannya, tujuan dibangunnya RTH adalah untuk kepentingan semua masyarakat HSS. (metro7/Fit)