AMUNTAI – Baru baru ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara (BPBD HSU) kedatangan puluhan anak TK dari Rakha. Kedatangan puluhan anak anak tersebut tak lain ingin belajar dan mengenal beberapa musibah dan cara penanggulangannya,
 Kepala Kantor BPBD HSU H. Faturrahman menyambut baik kedatangan anak TK yang ingin belajar dan mengetahui tugas pokok BPBD, ”Terimakasih atas kedatangan bapak ibu guru yang berkenan meluangkan waktu guna memperkenalkan dan tata cara menggunakan alat alat penanggulangan bencana kepada anak di usia dini,” ujarnya.
 Memperkenalkan bencana di usia dini sangatlah penting, bencana terjadi dalam dua faktor, yaitu faktor alam dan faktor manusia, faktor alam contohnya seperti, gempa, puting beliung dan lain lain, sedangkan faktor manusia yaitu , pembukaan lahan dan pembakaran secara sengaja yang berifik kepada masyarakat sekitarnya,
 Untuk lebih lanjut katanya, anak anak dikenalkan beberapa alat dan transportasi penanggulangan bencana, ”setelah ini kita akan mecoba dan memakai peralatan dan fungsinya,” pungkasnya.
Diketahui pada saat pelaksanaan satu demi satu anak anak  mencoba beberapa peralatan yang disediakan diantaranya, menaiki mobil pemadam dan cara pengoprasian mesin dan menembakkan air ketitik api,(metro7/awir).