METRO7.CO.ID, PARINGIN — Seorang penambang pasir, Jali (25 tahun) ditemukan tewas akibat tenggelam di Sungai Batang Balangan di Desa Murung Ilung Kecamatan Paringin, Rabu (13/9/2017). Pemuda asal Desa Jambu Kecamatan Kandangan Kota Kabupaten HSS ini, ditemukan tewas sejam kemudian setelah tenggelam oleh tim gabungan TRC BPPD Balangan, Tagana dan Polres Balangan.

Musibah tewas tenggelamnya pemuda ini, bermula saat korban turun kesungai untuk melakukan penyedotan pasir. Tapi saat turut ke sungai, korban tak juga muncul lagi sampai rekan korban mencarinya.

Rekan kerja korban, Parmin (53 tahun) mengungkapkan, pagi sekitar jam 09.30 saat akan hendak menyedot pasir dirinya melihat korban sempoyongan dan meminta korban agar menjaga mesin saja diatas tidak usah turun ke sungai.

“Sudah saya larang turun ke Sungai namun, korban tetap bersikeras turun kesungai dan setelah beberapa saat korban turun tidak juga ada naik lalu,” bebernya.

Merasa korban tidak naik jua, menurut Parmin, dirinya berinisiatif memeriksa kondisi korban.

“Dari atas tempat mesin sedot pasir saya berada, saya melihat korban seperti sedang meraih sesuatu di air namun tubuh korban semakin masuk kedalam air dan tidak mucul lagi,” bebernya.

Kapolsek Paringin Iptu Cahyo membenarkan kejadian tersebut.

“Untuk kronologis kejadian masih kita kumpulkan dan saat ini korban sudah di rumah sakit untuk keperluan otopsi,” bebernya.

Terpisah, Kasi Kedaruratan BPBD Balangan Muhammad Syuhada mengatakan, korban saat ditemukan sudah dalam kondisi tidak bernyawa.

“Setelah ditemukan langsung kita bawa ke rumah sakit untuk dilakukan visum,” pungkasnya.
(Metro7/sugi)