METRO7.CO.ID, Paringin – Untuk mengantisipasi bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Balangan menggelar tes urine terhadap ratusan siswa di sekolah.
Ada tiga sekolah tingkat SLTA sedarajat yang siswanya dites uren oleh BNNK Balangan. Ke empat sekolah tersebut yakni, SMAN 1Juai, SMAN 2 Paringin dan SMKPPN 1 Paringin.
Kepala BNNK Balangan, AKBP Abdul Muthalib mengkapkan, dari empat sekolah tersebut ada sekitar 150an pelajar yang dites uren.
“Alhamdulillah dari ke tiga sekolah yang kita tes tidak ada pelajar yang positif,” ujar Abdul Muthalib saat press release kegiatan BNNK Balangan selama bulan September, di kantor BNNK Balangan, Rabu (18/7/2017)
Muthalib mengungkapkan, tes urine ini merupakan langkah konkret yang dilakukan pihaknya untuk mendeteksi penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar.

“Justru tes urine ini adalah salah satu indikator anak terlibat narkoba atau tidak. Ini merupakan wujud kepedulian BNN. Dengan begitu, kita bisa mengetahui seberapa pengaruh narkoba di kalangan pelajar,” bebernya.
Terlepas itu semua, lanjut mantan Wakapolres Balangan ini menyampaikan, pihaknya terus melakukan berbagai upaya dalam memerangi narkoba termasuk bimbingan teknis Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelab Narkoba (P4GN) bagi para kepala desa.
“Masalah narkoba ini merupakan musuh kita bersama, bukan hanya tugas BNN, Polisi ataupun Pemerintah tapi tugas kita bersama. Untuk itu, mari kita berantas Narkoba demi kebaikan kehidupan kita dan generasi akan datang,” pungkasnya.(Metro7)