METRO7.CO.ID, Tanjung – Puluhan tokoh Agama dan Bidan Desa mengikuti acara Pelatihan Kelompok Pelopor / Motivator KB se Kabupaten Tabalong, di Aula Rapat Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP2PAPPKB) , Senin (23/10). .

Acara yang diselenggarakan oleh DP2PAPPKB ini, dihadiri oleh 48 orang dari berbagai unsur seperti bidan desa, tokoh agama, kader KB desa, dan tokoh masyarakat disetiap kecamatan yang ada di kabupaten Tabalong.

Kegiatan ini menghadirkan, kepala bidang KB dan KR BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan H Ramlan, kepala bidang KB dan KS BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan dr. Mahendra Prakasa dan Hormansyah Kepala Bidang DP2PAPPKB Kabupaten Tabalong sebagai narasumber.

Materi yang diberikan H. Ramlan dan dr. Mahendra Prakasa dari BKKBN Kalsel berupa Program Keluarga Sejahtera dalam upaya menigkatkan Kesejahteraan masyarakat.

Pelatihan ini sendiri, dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 23 Oktober hingga 24 Oktober 2017 ini merupakan salah satu langkah dari DP2PAPPKB dan BKKBN untuk mensukseskan Program KB “Mengingat terbatasnya petugas lapangan KB sangat terbatas, maka pelatihan ini sangat penting untuk mengangkat kader-kader dari desa untuk mensosailisasikan program KB ini,” ujar H. Ramlan

Dirinya juga menambahkan, lewat pelatihan ini diharapkan, para peserta pelatihan bisa mengedukasi masyarakat untuk menyebarluaskan informasi terkait pentingnya KB melalui kelompok Bina Keluarga yang merupakan wadah berkumpulnya warga.

‘Selain menyebarkan informasi diharapkan para kader KB bisa mensurvey dan mendata warga miskin yang masih belum memiliki kartu BPJS,” tambahnya.

Sedangkan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dalam sambutan tertulisnya menyampaikan, harapan kepada para peserta nantinua mampu menjadi pelopor/motivator program KB di masyarakat atau dilingkungannya masing-masing.

“Diharapkan peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan kemapuan dalam mengelola dan melaksanakam program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), sehingga pelaksanaan program KKBPK dapat sukses dan pada akhirnya meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat Tabalong,” pungkasnya. (Metro7/MC Tabalong/Gilang)