KANDANGAN — Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Kalimantan Selatan Hj Hayatun Fardah Rudy Ariffin yang menjabat sebagai Tim Monitoring PKK Propinsi Kalimantan Selatan, kembali melakukan peninjauan terhadap pelaksana 10 Program Pokok PKK di Desa Hariti Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).
Dalam peninjauan tersebut, Tim Monitoring menginginkan agar desa-desa yang ada di Kabupaten HSS dapat mencontoh Desa Hariti yang sekarang menjadi desa percontohan sesuai ketetapan Pemerintah Kabupaten HSS.
Selain menginginkan adanya perhatian dari aparat desa yang lain, Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi juga melakukan penilaian yang mencakup pelaksanaan pemerintahan desa, pendidikan, kesehatan dan tingkat partisipasi instansi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
Lebih rinci, Hayatun Fardah mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini adalah untuk memberdayakan masyarakat dan meningkatkan perekonomian di tingkat desa.
“Saya berharap, masyarakat yang ada di desa dapat memelihara kebersamaan untuk mewujudkan sesuatu hal yang dapat membangun dan meningkatkan kesejahteraannya,” ungkapnya.
Masih menurut istri orang nomor satu di jajaran pemerintahan Kalimantan Selatan ini, bahwa setiap PKK Kabupaten akan memegang satu Posyandu. Gunanya sebagai percontohan bagi ibu-ibu camat yang ada di kecamatan.
Setiap kabupaten harus menyiapkan tiga buah Posyandu yang akan diikutkan dalam lomba. Seiring dengan adanya kegiatan tersebut, maka pengurus dan pengelola Posyandu dapat ditingkatkan.
Dalam kesempatan ini, Hayatun juga mengharapkan agar masyarakat desa dapat memelihara budaya gotong royong dalam kehidupan sehari-hari.
“Dengan bergotong royong itulah, maka beban yang berat akan terasa ringan untuk dikerjakan,” ujarnya lagi.
Terkait terpilihnya Desa Hariti menjadi Desa Percontohan, menurut hayatun ini adalah kesempatan baik untuk menjadi yang terbaik dalam pelaksanaan kegiatan.
“Peran besar PKK sangat dituntut dalam menghidupkan Posyandu. Pasalnya, sekarang ini Posyandu tidak hanya terbatas memberikan pelayanan Balita dan KB, tetapi banyak persoalan lain yang ada di tengah masyarakat, turut ditangani,” ujarnya. Metro7/fit