KANDANGAN, metro7.co id – Di dua tempat, pemeriksaan Tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dan SADANIS (Periksa Payudara Secara Klinis) kembali dilaksanakan. Senin(19/10/2020).

Tempat pertama yaitu di Puskesmas Malinau dan kedua di puskesmas Loksado kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

“Kegiatan IVA Test dan SADANIS di kecamatan Loksado diikuti oleh 39 orang,” ujar Ketua TP PKK kecamatan Loksado Ida Suharni dalam laporannya.

Ia menerangkan, untuk yang di puskesmas Malinau diikuti 14 orang dari Desa Halunuk dan 5 orang dari Desa Panggungan.

Sedangkan dari puskesmas Loksado berjumlah 20 orang yang terdiri dari 3 desa, yaitu desa Loksado, Desa Hulu Banyu, dan Desa Haratai.

Pada pelaksanaan ini, Ketua TP PKK HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry didampingi Wakil Ketua Srie Astuti kembali hadir meninjau pelaksanaan pemeriksaan tersebut.

Selain memberikan edukasi tentang perlunya deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara, Hj Isnaniah juga membagi-bagikan masker kepada para peserta yang ikut melakukan pemeriksaan kesehatan.

Sebelumnya Hj Isnaniah mengatakan bahwa, pemeriksaan IVA test dan SADANIS yang dilaksanakan setiap tahun.

“Meskipun tahun ini terjadi pandemi Covid-19, alhamdulillah kita masih bisa melaksanakan IVA test dan SADANIS di semua kecamatan se kabupaten HSS,” katanya.

Ia berharap dengan pemeriksaan ini para wanita dan ibu-ibu bisa terhindar dari kanker, terutama kanker payudara dan kanker rahim. ***