Barabai — Dua Kandidat Ketua Umum KNPI Kabupaten Hulu Sungai Tengah H Johar Arifin dan Abdul Rahman bersama Pengurus DPD KNPI HST lainnya melakukan sowan atau beraudiensi dengan Bupati HST H Harun Nurasid dalam rangka penyampaian persiapan Musda DPD KNPI HST Desember 2012 mendatang, sekitar pukul 09.00 Wita, Jum’at (2/11) kemarin.
Audiensi berlangsung akrab sekaligus bertukar pikiran dalam persiapan musda ini juga membahas upaya untuk membesarkan organisasi KNPI dan langkah-langkah mengintensifkan peran pemuda dalam pembangunan turut dihadiri Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Wildon, Kepala Disporabudpar HST H Akhmad Syahrini, Kasi Pemuda Disporabudpra HST Hayani Zeini dan Majelis Pembina Daerah DPD KNPI HST Harman Husaimi.
Majelis Pembina Daerah DPD KNPI HST Harman Husaimi dalam laporannya mengungkapkan Musda direncanakan akan dilaksanakan di awal bulan Desember 2012 dengan mengundang tiga puluhan OKP resmi  dan selama ini bernaung di bawah binaan DPD KNPI HST, perencanaan telah disusun secara matang baik dari sarana, materi sidang, kandidat yang telah mendapatkan dukungan baik dari OKP maupun DPK KNPI Kecamatan serta pendukung lainnya.
Diungkapkannya, pula saat ini hanya di Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang belum memiliki Gedung Pemuda sebagai wadah berkumpul, berkoordinasi dan kesekretariatan sehingga menjadi tanggung jawab pengurus mendatang untuk bisa mengupayakan kesekretariatan DPD KNPI HST yang lebih refresentatif  dan memberdayakan pengurus DPK KNPI Kecamatan agar benar-benar menyentuh kepentingan pemuda di tingkat bawah.
Bupati HST H Harun Nurasid dalam sambutannya mengungkapkan, perlunya pengembangan organisasi KNPI Ke depannya melalui Musda DPD KNPI HST di harapkan dapat terpilih Ketua KNPI dan Pengurus yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk membesarkan organisasi, aktif dalam kegiatan sosial kepemudaaan dan tampil untuk bisa berkontribusi membantu menyelesaikan persoalan di daerah.
“Saat ini kita memang menilai KNPI belum optimal dalam perannya, perlu dipilih personil yang energik  dan bersemangat  serta untuk menyokong kesuksesan kegiatan memang seyogyannya perlu kesekretariatan namun KNPI jangan hanya terpaku pada bantuan Pemkab Hulu Sungai Tengah karena kader yang berpotensi adalah mereka yang bisa berkarya secara kreatif dan inovatif serta dapat bermanfaat bagi daerah,”ujarnya.
Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah pun senantiasa siap memberikan bantuan untuk pembinaan bidang kepemudaan begitupun KNPI dapat berperan untuk mempererat kemitaan di Pemkab dan DPRD HST  dalam fungsinya KNPI sebagai kontrol sosial dengan memberikan kritik dan saran membangun utamanya dalam kelancaran dan mengawal pembangunan di Kabupaten HST. (metro7/advhumashst)