BARABAI, metro7.co.id – Bulan Ramadan, Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Hulu Sungai Tengah (HST) membagikan takjil gratis, Jumat (15/4) sore.

Pembagian dimulai dari lapangan Dwi Warna Barabai, jembatan Shulaha, pinggiran pasar hingga depan RSUD H Damanhuri Barabai.

“Hari ini, 100 lebih kotak takjil sederhana yang kami bagikan, sasaran pembagian kepada pengguna jalan yang melintas dan masyarakat sekitar,” kata ketua PC IPNU HST, Muhammad Iqbal kepada Metro7.

Diketahui, takjil sederhana berisi kolak pisang nangka, roti tawar, kolang-kaling, susu dan kurma itu atas berkat beberapa donatur dan partisipasi para pelajar NU di HST.

Para pengurus IPNU-IPPNU HST sebekum membagikan takjil kepada warga.

“Hal itu juga dengan semangat ingin berbagi dari rekan dan rekanita. Dengan semangat berbagi itupun, pelajar Putri NU sendiri yang membuat takjilnya, dan membagikannya bersama,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan Hablumminannas yang di ajarkan di NU, agar memberikan kebermanfaatan kepada sesama saudara seiman di bulan Ramadan ini.

Tak hanya itu, ia berharap hal ini bisa menjadi contoh baik, khususnya di lingkungan pelajar di HST. Sehingga terbangun rasa saling mengasihi antar sesama.

“Berbagi di bulan Ramadan, agar para kader sadar bahwa sedekah sekecil apapun jika diberikan kepada orang pasti kita bahagia. Sebab, melihat orang yang kita beri itu membuat kita bahagia,” beber mahasiswa STAI Al-Washliyah Barabai itu.

Sementara, Ketua PC IPPNU HST, Nor Habibah Rahmah menambahkan, tujuan kegiatan ini untuk membina jiwa dan mental kader baru para Anggota PC dan PAC.

“Berjuang di NU itu ada banyak dan beragam cara. Salah satunya berbagi ta’jil ini, sehingga bisa secara langsung dirasakan oleh masyarakat,” tandasnya.

Utamanya menurut dia, untuk menumbuhkan rasa kepedulian sosial para anggota kepada masyarakat. “Kami juga berharap apa yang kami lakukan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat luas,” bebernya.

Selain menumbuhkan sikap peduli antar sesama PC IPNU-IPPNU HST, juga ingin memperkuat solidaritas dan tanggungjawab kader lewat kegiatan-kegiatan positif.

”Setidaknya acara seperti ini kader bisa kumpul, sekaligus merekatkan rasa kekeluargaan antar anggota. Selebihnya untuk menjaga soliditas kekompakan pengurus hingga akhir kepengurusan. Adanya kegiatan ini juga untuk menyamakan persepsi antar anggota,” ungkapnya.

Ternyata, kegiatan itu mendapat respon positif masyarakat. Terbukti, banyak para tukang becak dan masyarakat sekitar yang mau mengambil takjil.

Salah satunya Arif, yang kebetulan melintas menuturkan, aksi sederhana ini sangat bermanfaat sekali, terutama bagi orang kerja yang jauh dari rumah.

“Kalau sudah terdengar adzan, bisa langsung berhenti dan berbuka puasa dengan takjil yang dibagikan,” tutupnya.