KOTABARU, metro7.co.id – Festival Budaya Saijaan (FBS) 2021, Kabupaten Kotabaru, Kalsel masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara (KEN), Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf) 2021.

KEN 2021 merupakan istilah pengganti dari Top Calender of Event (CoE) Indonesia yang diluncurkan oleh Kemenparekraf.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, (Disparpora) Khairian Ansyari menyampaikan FBS tahun ini dilaksanakan berbeda dari sebelumnya.

FBS 2021 kata dia dilaksanakan secara Hybrid. Hybrid tuturnya adalah kolaborasi virtual, recording, dan live, secara terbatas.

“Yang krusial dari event ini, tidak ada penonton dilokasi acara. Siapa yang nonton?, yang nonton tetap masyarakat tapi cukup di rumah saja bersama keluarga melalui channel youtube “ayo ke Kotabaru” dan melalui TV kabel,” kata Khairian, Kamis (8/7/2021).

Dalam event ini dilokasi lanjut dia, hanya ada panitia terbatas, peserta yang juga sudah dibatasi, dan juri yang sudah dibatasi.

“Kalau pun ada tamu undangan, sudah dibatasi. Yang krusial lainnya untuk bisa masuk wajib rapid anti gen,” ujarnya.

Pihaknya ingin meyakinkan bahwa event ini adalah event berskala nasional, maka disatu sisi ujar Khairian adalah kebanggaan kita dan pertaruhan pemkab sebagai penyelenggara.

“Jadi sekali lagi kami ingatkan nonton FBS 2021 di rumah saja melalui saluran yang telah disediakan, karena sia-sia saja kalau mau datang ke lokasi juga tidak bisa masuk,” kata dia.

Ia mengatakan event FBS secara hybrid ini yakni bagaimana di masa pandemi daerah tetap bisa berkreasi menampilkan budaya dan wisatanya.

Untuk diketahi, FBS berlangsung  9-11 Juli 2021 di Pantai Gedambaan, Kotabaru, rencananya dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif H Sandiaga Salahuddin Uno secara Live zoom.

Peserta FBS ada dari kabupaten dan kota se Kalsel, serta dari lima kota luar provinsi, yaitu Bandung, Yogyakarta, Surabaya , Tarakan dan Palangkaraya, hadir secara virtual.

Pada opening ceremony, 9 Juli, dimeriahkan dengan penampilan spesial dari luar, Sean Hayward dari Amerika Serikat dan Christin Duque asal Ekuador.

Selain itu ada gelar tari kolosal, kemudian penanyangan video pariwisata unggulan, peninjauan stand kuliner dan ekonomi kreatif, dan penampilan selebgram Banua, Tommy Kaganangan dan Adies Momo.

Yang tak kalah menarik, pada 10 Juli, adalah pertunjukkan wisata budaya bahari eksotika Bajau Samah ” Magic From The Sea”. Diantaranya menampilkan penayangan video profil suku Bajau Kampung Rampa.

Selanjutnya ada selamatan leut Desa Rampa, prosesi adat pengantin Bajau Samah, atraksi budaya titi tali, tari ombak dan musik alahai etnis Bajau Samah.

Kemudian juga ada webinar, lomba memasak Jeppa khas Kabupaten Kotabaru bersama Chef Agus Sasirangan, dan lomba Tari Melayu Pesisi se Kotabaru.

Closing Ceremony 11 Juli, diisi dengan pengumuman lomba-lomba, gelar pertunjukan kesenian 13 Kab/Kota. Gelar pertunjukan kesenian 5 kota Indonesia dan spesial perform by Sean Hayward dan Christin Duque.

Patut diacungi jempol, FBS 2021 masuk dalam 83 event nasional, setelah diseleksi dari 400 event se Indonesia. ***