TANAH BUMBU, metro7.co.id – Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan pelayanan KB serentak.

Pelayanan KB ini dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional ke 28 Tahun 2021, yang mengusung tema “Keluarga Keren Cegah Stunting”.

Pada, Kamis (24/06/2021) dilakukan kunjungan oleh beberapa organisasi wanita seperti GOW, PKK, DWP dan DKBP3A sendiri, ke lokasi pelayanan KB serentak itu.

Rombongan diantaranya mengunjungi Puskesmas Darul Azhar, Rumah Sakit Paradise dan Poskedes Pakatellu.

Dalam kunjungan itu, Kepala DKBP3A Narni mengatakan, pelayanan KB serentak dilaksanakan di) fasilitas kesehatan klinik KB baik pemerintah maupun swasta.

“Kegiatan ini guna mendekatkan pelayanan KB ke masyarakat, guna meningkatkan jumlah akseptor KB seluruhnya. Adapun target nasional adalah sejuta akseptor yang dilayani,” ungkapnya.

Adapun akseptor yang dilayani jelas Narni, baik itu sifatnya ulangan, ganti cara maupun akseptor baru.

Untuk Tanah Bumbu sendiri, diharapkan warga yang terlayani hingga 170 akseptor KB implan, 36 akseptor KB IUD dan 15 akseptor KB dengan metode operasi wanita.

Selain itu, direncanakan pula akseptor KB dengan metode operasi pria yang akan dilaksanakan pada 29 Juni 2021 di Rumah Sakit dr. H. Andi Abdurrahman Noor.

Sementara itu, Ketua GOW Suci Anisa Rusli menyampaikan, melalui pelayanan KB serentak itu diharapkan masyarakat akan semakin memahami pentingnya KB dalam perencanaan keluarga, terutama terkait kesehatan ibu dan anak dalam pelaksanaannya.

“Semoga melalui pelayanan ini, derajat kesehatan ibu dan anak akan terus meningkat,” ucapnya.

Dengan peningkatan derajat kesehatan itu, akan turut berkontribusi dalam mensukseskan upaya pemerintah daerah mencegah terjadinya stunting di Bumi Bersujud.*