SANGGAU, metro7.co.id – Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah beserta PJU Polres Sanggau mengunjungi Keraton Paku Negara Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Jumat (27/1).

Kunjungan itu dilakukan untuk bersilaturahmi kepada Pangeran Raja Paku Negara, Gusti Yusril dan para tokoh masyarakat di Tayan.

Selain bersilaturahmi, Kapolres beserta rombongan juga menggelar Jumat Curhat di Keraton Paku Negara Tayan, ia mengundang seluruh lapisan masyarakat di sana dari tokoh adat, tokoh agam, tokoh masyarakat dan Ormas untuk duduk berkumpul dan meminta masyarakat disana agar dapat meceritakan apa saja yang menjadi permasalahan di wilayahnya.

Ada 3 permasalahan masyarakat di sana yang menjadi pembahasan dalam Jumat Curhat di Keraton Paku Negara, diantaranya ialah, bagaimana menekan angka kecelakaan lalulintas yang cukup tinggi di wilayah tersebut, selain itu wilayah Tayan memiliki jalur lintas antar provinsi dan di sana juga kerap di jadikan jalur peredaran narkoba.

Wilayah Tayan Hilir juga dikenal dengan perkebunan sawit yang cukup luas, sehingga komflik agraria pertanahan kerap timbul di wilayah tersebut dan masyarakat disana meminta Polres Sanggau untuk menindak lanjuti permaslahan masyarakat Tayan.

Menanggapi aspirasi masyarakat Tayan, Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah mengatakan akan segera ditindak lanjuti oleh Polsek Tayan Hilir dan Polres Sanggau.

“Kami juga siap menampung informasi, keluhan serta kritikan yang diberikan oleh masyarakat terhadap kinerja kami, Kami juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk kerja sama bersinergi dan berkoloborasi bersama untuk meciptakan Kabupaten Sanggau selalu kondusif,” terang AKBP Suparno.

Tak lupa Kapolres mengucapkan terima kasih kepada Raja Kraton Paku Negara Tayan selaku tuan rumah yang telah memfasilitasi program kegiatan Jumat Curhat Polres Sanggau.

Sementara itu, Pangeran Raja Kraton Paku Negara Tayan, Gusti Yusril menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah beserta PJU Polres Sanggau yang telah mengunjungi dan datang bersilaturahmi ke Keratonya, serta menjadikan Keraton Paku Negara tempat dilaksnakanya Jumat Curhat.

Ia juga mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Jumat Curhat yang dilaksanakan Polsek Tayan Hilir dan Polres Sanggau, untuk menyerap aspirasi warga Tayan Hilir.

“Saya berharap kegiatan jumat curhat yang dilaksanakan pada hari ini bisa dimanfaatkan dengan baik, untuk menyampaikan permasalahan yang terjadi di Kecamatan Tayan Hilir supaya mendapatkan solusi untuk penyelesaianya,” jelas Gusti Yusril

“Saya juga meminta kepada para peserta untuk yang mengikuti Jumat Curhat ini untuk mendukung program Kapolres yang baru kita, agar Kabupaten Sanggau tetap aman dan kondusif,” pungkasnya.