Ketua Pokja I Comdev) APB Bartim, Yanus D BCE
TAMIANG LAYANG — Salah satu kegiatan Asosiasi Penambang Batubara (APB) Kabupaten Barito Timur adalah menunjang kegiatan pembangunan di desa. Dalam Bidang Pendidikan, APB membantu honor guru TK serta menyediakan pakaian dan buku bagi anak-anak kurang mampu. Hal yang sama juga dilakukan Pokja Rimau Group

yang pada program tahun 2010 yang lalu menyediakan bibit sapi sebanyak 22 ekor untuk disalurkan ke Desa Jaweten Kecamatan Dusun Timur Kalteng.

Ketua Pokja I Community Development (Comdev) APB Kabupaten Bartim, Yanus D BCE ketika ditemui Metro7 di kantor Desa Jaweten Rabu (07/03) mengatakan, kegiatan APB tersebut sudah berjalan satu tahun lebih sejak Februari-2011.
“Dengan adanya program APB ini, banyak yang dirasakan oleh masyarakat Bartim. Salah satunya adalah pemberian honor kehumasan kepada Kepala Desa yang masuk dalam kawasan Ring I atau daerah yang menerima dampak langsung kegiatan tambang.
Kegiatan APB saat ini mencakup tiga kawasan, yaitu kawasan Ring I, Ring II dan Ring III.
“Sasaran pembangunan tergantung dari usulan Desa. Contohnya program APB tahun 2011 lalu yang diprioritaskan untuk membantu rumah-rumah ibadah seperti mesjid dan gereja, pembangunan sarana air bersih, dan dalam bidang kesehatan melaksanakan operasi katarak bagi masyarakat kurang mampu,” kata Yanus.
Yanus berharap untuk ke depan kegiatan APB bisa berjalan lebih baik lagi, sehingga manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat.
Sementara itu, Ketua Pokja III Otu Ambri B sangat menyambut baik program APB yang dapat ikut membantu pembangunan di wilayah Bartim, khususnya di perdesaan. Salah satunya adalah membangun fasilitas air bersih serta membantu pelaksanaan proses belajar mengajar bagi anak usia dini dan diadakan sekolah khusus pada hari Minggu.
Ketua Pokja III yang membawahi Kecamatan Paku dan Karuseng Janang ini menambahkan bahwa program APB telah pula dilaksanakan untuk membantu pembangunan pasar Desa Kupang Baru, sedangkan Desa Patung dan Desa Gandrung masing-masing dibantu 6 dan 3 buah ton air bersih dengan total bantuan Rp 50 juta termasuk honor pengurus, Ketua BPD dan Kepala Desa.
Masih kata Ambri, pada tahun 2011 lalu APB juga memberikan bantuan untuk perayaan natal gereja-gereja di Bartim yang mengajukan proposal dengan nilai keseluruhan Rp 100 juta.
Bantuan langsung diserahkan kepada Ketua Pokja masing-masing dan selanjutnya diserahkan kepada pemohon di Kantor Bupati Bartim yang ketika itu disaksikan oleh Wakil Bupati Ir Yuren S Bahat, Sekda Bartim Drs Bandju T Mangko dan Camat se Kabupaten Bartim. Metro7/Ali