TAMIANG LAYANG- Pemerintahan Desa Jango Kecamatan Patangkep Tutui, Kabupaten Barito timur mengharapkan adanya perehapan untuk Rumah Dinas Guru SDN Jango. Pasalnya, bagunan Rumah Dinas yang di bangun sejak tahun 1982 silam lalu saat ini kondisinya sudah memprihatinkan dan tidak bisa di tempati lagi.
 Kepala Desa Jango Khairul Anwar mengatakan, beberapa rumah dinas guru tersebut hanya satu saja yang dapat ditempati, itupun dari pihak Desa yang melakukan perbaikan. Sedangkan Rumah Dinas lainnya sudah tidak bisa ditempati lagi, karena kondisinya sudah dimakan usia dan sudah tidak layak huni lagi. 
‘’Padahal keberadaan Rumah Dinas tersebut sangat diharapkan kami pihak pemerintah Desa, karena untuk guru pengajarnya hampir semua berasal dari luar Desa Jango. Sehingga untuk sementara yang di jadikan sebagai tempat tinggal guru adalah Balai Desa dan Polindes milik Desa. Namun hanya sebagian guru saja yang dapat ditampung, sedangkan yang lainnya terpaksa harus pulang pergi (PP) dengan menempuh jarak yang cukup jauh dan dengan kondisi jalannya yang rusak,’’jelasnya.
 Lanjutnya, pihaknya sangat memaklumi jika terkadang mereka para guru sedikit terlambat atau pun terkadang tidak bisa hadir kesekolah karena terhambat oleh jarak dan kondisi jalan yang rusak.
Apalagi pada saat musim hujan, kondisi jalan yang mereka lewati menjadi licin dan becek, terkadang menjadi penghambat untuk perjalanan mereka untuk turun kesekolah. Sehingga Keadaan ini dapat menggangu kelancaran proses belajar mengajar di sekolah. 
Terlebih sebutnya baik dari pihak Sekolah atau pun Pemerintah Desa sudah sering kali mengusulkan kepada Dinas Terkait untuk perbaikan Rumah Dinas Guru tersebut, namun tidak pernah direalisasi,’’ tambahnya.
  Oleh karena itu sangat diharapkannya agar Pemerintah Daerah dapat memperhatikan keadaan ini, dan bisa memberikan kucuran Dana untuk perehapan Rumah Dinas Guru yang ada. Sehingga para tenaga pengajar tidak perlu lagi harus PP dan mereka bisa bertempat tinggal disini. Dan jika tempat tinggal guru dekat dengan sekolah, maka tidak akan lagi ada kendala bagi mereka untuk hadir kesekolah, sehingga kegiatan proses belajar mengajar pun akan menjadi lebih baik lagi. (metro7/ali/rul).