KENDAL, metro7.co.id – KH Ali Nurudin dan Muhammad Makmun kembali pimpin PKB Kendal sebagai Ketua Dewan Syuro dan Ketua Tanfidz Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Kendal masa bhakti 2021-2026.

Penetapan susunan pengurus dewan syuro dan dewan tanfidz dilakukan dalam Sidang Pleno Musyawarah Cabang (Muscab) yang digelar di kantor DPC PKB, Sabtu (6/3/2021).

Teguh Widodo, Wakil Ketua DPW PKB Jawa Tengah yang mendapatkan mandat dari DPP PKB untuk memimpin sidang pleno, mengatakan pihaknya baru mendapatkan daftar nama yang ditunjuk sebagai pengurus hari ini.

“Saya baru mendapatkan nama-nama pengurus hari ini sebelum berangkat ke Muscab. Alhamdulilah nama-nama yang ditunjuk sesuai yang diusulkan dari pengurus di tingkat kecamatan,” terang Teguh.

Sementara, Ketua Dewan Tanfidz DPC PKB, M. Makmun, yang terpilih secara aklamasi, mengatakan siap mengemban amanah partai. Dikatakan, pihaknya menargetkan PKB dalam kepengurusan mendatang dapat kembali memenangkan Pileg dan Pemilu 2024.

“Di Pemilu 2024, kami menargetkan bisa menambah jumlah kursi dari 10 meningkat menjadi 15 kursi di DPRD. Untuk mengamankan target tersebut, diperlukan sekitar 150 hingga 160 ribu suara. Melihat kesolidan kita hari ini, Insya Allah kita bisa mewujudkannya,” terang Makmun.

Terkait kekalahan di Pilkada 2020, dikatakan DPC PKB telah berusaha maksimal hanya saja hasilnya belum berpihak kepada PKB. Namun, PKB di Kendal telah menunjukkan kesolidan untuk mengusung kadernya sendiri.

“Sebagaimana disampaikan Ketum DPP PKB, bahwa Muscab sebagai agenda untuk konsolidasi, tidak ada perpecahan. Jangankan yang di dalam, yang masih di luar kita ajak untuk masuk ke dalam PKB. Bukan perpecahan, tapi bagaimana PKB bisa melakukan ekspansi,” imbuhnya.

Selain itu, pada kepengurusan yang baru ini DPC PKB akan menyiapkan kantor mandiri mengingat kantor yang ada sekarang masih meminjam aset milik Pemda. Lokasi yang direncanakan di jalan Gajahmada di Kelurahan Karangsari.

Di akhir sidang pleno, dari hasil masukan para pengurus dan kader, diantaranya disepakati DPC PKB Kendal mendukung Gus Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI), Ketua Umum DPP PKB sebagai calon presiden pada Pemilu 2024. Selain itu, DPC PKB agar menyiapkan dan mengusung kader internal untuk maju dalam Pilkada Kendal yang akan datang.

Muscab digelar secara serentak di seluruh kabupaten kota di Jawa Tengah dan DIY pada hari ini dan dilanjutkan wilayah lainnya di tanah air.
Muscab dibuka secara virtual oleh Ketua Umum DPP PKB, Gus Abdul Muhaimin Iskandar, menyampaikan Muscab kali ini memiliki misi untuk penataan dan penyeragaman periodisasi kepengurusan di tingkat DPC se Indonesia.

“Melalui Muscab ini, kita songsong Pemilu 2024. PKB sebagai partai menengah atas memiliki peran penting dalam mewarnai wajah politik di tanah air dalam melayani masyarakat. Mari perkuat politik yang berintegritas dan bermartabat untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat,” kata Gus AMI dalam sambutan memberikan arahan kepada seluruh DPC.

Sementara itu, Gus Alamudin Dimyati Rois, anggota DPR RI Fraksi PKB, yang ikut hadir memberikan pengarahan kepada pengurus DPC PKB Kendal periode 2021-2026 yang baru saja ditetapkan melalui Muscab.
“Kita harapkan agar PKB di Kendal makin solid dan lebih besar lagi,” ujarnya.

Muscab DPC PKB Kendal ke-6 dihadiri oleh pengurus di tingkat cabang dan anak cabang serta seluruh fraksi PKB di DPRD Kendal. Selain itu pada acara pembukaan dihadiri Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, Rois Syuriah PCNU KH Izzudin Abdussalam, dan sejumlah ketua parpol di Kendal.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam sambutannya mengapresiasi peran PKB dalam mengawal proses demokrasi dengan suksesnya pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Kendal tahun 2020.

“Saya berkomitmen untuk merangkul semua pihak, untuk bergotong royong membangun Kendal,” tandasnya.[]