MALAKA, Metro 7.co.id  – Menjelang lima hari pelaksanaan pemilu kepala daerah kabupaten malaka tahun 2020, panitia pengawas pemilu kecamatan malaka tengah melakukan rapat teknis atau bimbingan teknis kepada 17 orang PKD dan 78 pengawas TPS yang tersebar di 17 desa di kecamatan malaka tengah.

” Hal ini di sampaikan oleh ketua panwascam malaka tengah Dionisius berek ketika di temui metro 7.co.id di sela-sela kegiatan Bimtek pengawasan masa tenang, pemungutan dan penghitungan serta rekapitulasi suara kepada PKD dan PTPS se-kecamatan Malaka tengah di aula susteran SSPS betun, kamis 3 / 12 / 2020.

Dionisius menjelaskan bahwa, rapat kerja teknis atau bimbingan teknis yang di berikan kepada PKD dan PTPS merupakan tindak lanjut dari, ketika panwascam mengikuti rapat kerja teknis dengan bawaslu kabupaten Malaka dua hari yang lalu.

” Ia lebih lanjut menjelaskan tentang kegiatan Bimtek hari ini meliputi materi  pengawasan, yang di bawakan oleh divisi PHL juga materi SDM dari komisioner yang membidangi SDMO dan “saya sendiri” akan membawakan materi tentang penanganan temuan dan laporan, sesuai dengan instruksi dari bawaslu kabupaten malaka”, ujarnya.

menurutnya, bimtek atau rapat teknis yang laksanakan hari ini sebenarnya terpisah antara PKD dan PTPS, namun sesuai dengan  STTP yang masuk ke kita dalam melakukan pengawasan terhadap tahapan kampanye pada besok dan lusa sebagai hari terkahir dalam tahapan kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati malaka, sehingga kita mengambil keputusan untuk padukan keduanya untuk menghemat waktu

” Dionisius menambahakan bahwa, untuk presentase kehadiran dari PKD lengkap sedangkan untuk PTPS dua orang yang berhalangan dengan alasan sakit”, tutur ketua panwascam.

Ia menambahkan bahwa, kegiatan rapat kerja teknis hari ini semata-mata demi kesiapan PKD dan PTPS dalam mengawasi proses pendistribusian surat pemberitahuan kepada pemilih serta pengawasan droping logistik surat suara dari tingkat desa ke tingkat TPS serta pengawasan pada hari pencoblosan dan penghitungan suara di TPS.

“di akhir penjelasannya, Ia mengharapkan kepada PKD dan PTPS yang hari ini mengikuti rapat kerja teknis atau bimtek, agar benar-benar fokus dalam mendengarkan materi dari nara sumber. sehingga bekal materi hari ini yang di sampaikan para pemateri menjadi landasan dalam melakukan pengawasan nanti di desa dan TPS masing-masing, mulai besok sampai dengan hari pencoblosan dan penghitungan suara. dan yang terpenting adalah integritas dari pada pengawas baik itu PKD maupun PTPS dalam menjalankan tugas pengawasannya baik di desa maupun di TPS, sehingga menghasilkan pilkada malaka yang berkualitas”, imbuhnya.**