NISEL, metro7.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Selatan (Nisel) Provinsi Sumatera Utara, menggelar kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara dengan penggunaan SIREKAP di tingkat TPS pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nisel Tahun 2020, yang berlangsung di Desa Bawomataluo kecamatan Fanayama.(Kemaren)

Ketua KPUD Nisel Repa Duha mengatakan bahwa, Simulasi Sistim Informasi Rekapitulasi Elektronik (SIREKAP) merupakan alat bantu dalam proses penyediaan informasi terkait dengan pemilu, baik untuk penyelenggara pasangan calon dan juga kepada masyarakat luas, sebagai sumber tersedianya hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nisel.

“Simulasi ini bertujuan untuk, agar seluruh masyarakat mengetahui pada proses penghitungan surat suara dalam kondisi bencana Non alam atau Covid 19 dan dapat dilakukan sesuai proses pelaksanaan pemungutan surat suara pada tanggal 9 Desember mendatang. Ini kita benar-benar mensimulasikan kepada seluruh masyarakat dan juga pihak penyelenggara pemilu agar tetap berpedoman pada protokoler kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid 19. Jadi alat pelindung diri diperketat misalnya di tempat pemungutan suara (TPS) sebelum di buka terlebih dahulu di semprotkan dengan menggunakan Disinfektan. Selain itu, terkait simulasi ini juga di berikan pemahaman bagi para panitia Ad Hoc pada pelaksanaan pilkada serentak nantinya di Kabupaten Nisel,” katanya.