JAKARTA – Demam Korea yang melanda Indonesia memberikan dampak positif terhadap sektor pariwisata. Saat ini semakin banyak warga Indonesia yang ingin ke Korea.
Saat ini Korea pun semakin gencar melakukan promosi pariwisata, salah satunya di Indonesia. Antusiasme warga Indonesia terhadap pariwisata Korea beberapa tahun ini memang mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut tidak lain karena pengaruh arus gelombang K-Pop yang sedang melanda Indonesia.
“Untuk pasar Indonesia, terdapat beberapa tema pariwisata yang gencar dipromosikan, antara lain wisata muslim, wisata edukasi, dan wisata K-Pop,” ujar Dwi Hapsari Mintorahardjo, Marketing Manager Korea Tourism Organization.
Wisata muslim adalah salah satu cara Korea untuk memberikan rasa aman kepada para penganut agama Islam untuk menjelajahi negaranya. Pelayanan yang diberikan pun diatur bagaikan wisata religi yang salah satunya dengan mengunjungi masjid besar di Itaewon.
Sesuai dengan namanya, wisata edukasi menyasar pada perjalanan mengunjungi pabrik-pabrik besar dan pusat pembelajaran di Korea, sehingga akan menambah pengetahuan para wisatawan. Sementara itu, wisata K-Pop akan mengajak para penyuka K-Pop menyusuri lokasi-lokasi yang pernah dijadikan tempat syuting drama Korea.
Wisatawan yang ingin menjelajah Korea pun tidak hanya berasal dari kalangan anak muda saja, melainkan juga anak-anak hingga orangtua.
“Dalam menentukan tujuan liburan, biasanya anak yang jadi penentu. Makanya banyak anak-anak yang mendorong orangtuanya untuk memilih Korea sebagai lokasi liburan keluarga,” imbuhnya ketika ditemui pada acara Garuda Travel Fair di Jakarta, baru-baru ini.
Dwi menambahkan, walaupun banyak program wisata yang ditawarkan Korea, hal yang paling dicari oleh warga Indonesia adalah pemandangan alam dan wisata belanja. Korea memang menjadi salah satu surga belanja bagi orang Indonesia. Banyaknya tempat belanja yang menawarkan barang-barang kualitas baik dengan harga terjangkau menjadi salah satu faktor warga Indonesia menyukai wisata belanja Korea. okezone