161 Pejabat Tabalong Dimutasi

Tanjung — Bupati H Rachman Ramsyi, Jumat (18/1) tadi, kembali melakukan perombakan jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabalong. Tidak tanggung-tanggung, mutasi dan promosi jabatan ini melibatkan 161 orang pejabat.
Seperti mutasi sebelumnya, perombakan kali ini sebagian besar juga hanya pergeseran jabatan sebagai penyegaran. Sementara sebagian lainnya merupakan promosi jabatan. Dari sebelas pejabat eselon II yang dimutasi, hanya empat orang yang mendapat promosi. Sedangkan sisanya hanya pergeseran jabatan biasa.
Drs Mahdi Noor MSi yang dipercaya sebagai Kepala Dinas Sosial, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tabalong. Sebelumnya ia menjabat Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Setda Tabalong. Sementara Sekretaris Bapedalda Ir HM Aberani Abrar SSos MP kini diamanahi jabatan baru sebagai Kepala Dinas Tanaman Pangan, Peternakan dan Perikanan.
Sekretaris Dinas Tata Kota dan Kebersihan H Muhammad Noor Rifani SH ST MT menduduki jabatan baru sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum. Sedangkan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Ir Syaiful Bahri diangkat menjadi Staf Ahli Bupati Tabalong Bidang Ekonomi dan Keuangan.
Teka-teki jabatan apa yang akan diduduki oleh Ir H Arifin Noor MT akhirnya terjawab. Pria yang disebut-sebut mengincar jabatan Bupati Tabalong 2014-2019 ini ternyata ditempatkan sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah menggantikan Drs H Akhmad Rizali Noor MSi yang kini menjadi Kepala Kepegawaian Daerah (BKD).
Drs H Nooryadi yang sebelumnya menduduki jabatan Kepala BKD digeser sebagai Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah menggantikan Drs H Hidwar Ahmadi MSi yang kini menjadi Kepala Dinas Tata kota dan Kebersihan.
Namun yang paling mengejutkan adalah dipilihnya Staf Ahli Bupati Tabalong Bidang Pemerintahan Drs Kusnadi MAP sebagai Asisten Bidang Tata Praja dikenal sebagai pria yang vokal dan berani menggantikan Drs H Yuzan Noor MSi yang kini dipercaya menjadi Kepala Bapedalda. Sedangkan Asisten Bidang Administrasi dipercayakan kepada H Suryanadie SSos MAP yang sebelumnya memegang jabatan Kepala Dinas Sosial, Kebudayaan dan Pariwisata.
Selain posisi eselon II, Bupati H Rachman Ramsyi juga mengambil sumpah pejabat eselon III, eselon IV dan eselon V. Menurutnya, pergeseran jabatan ini adalah hal biasa bagi seorang PNS. “Jika (PNS) memahami hal itu, maka tidak akan pernah ada perasaan kesal karena jabatan itu adalah amanah yang harus disyukuri,” katanya. (Metro7/NN)