TANJUNG  – Innalillahiwainnailaihirojiun, berita duka dari Jamaah Haji asal Tabalong khususnya bagi keluarga Mardani bin Sukri mansyur (47) asal desa paliat RT. 02 kecamatan Kelua kabupaten Tabalong. Yang mana berdasarkan informasi disampaikan oleh petugas  kloter Haji asal Tabalong yang berada di Mekkah Arab saudi bahwa ada salah seorang Jamaah Haji Bumi Sarabakawa meninggal dunia di Mekkah.
“Kabar duka ini kami terima tadi pagi, almarhum meninggal dunia di Rumah sakit King faizal Makkah,”ujar Kepala kementrian Agama Tabalong, H. Mashur, Senin, (29/09).
Ia mengatakan pihaknya sudah mengabarkan berita duka ini kepihak keluarga Alamarhum yang berada di desa Paliat kecamatan Kelua.
Untuk saat ini kata dia pihaknya belum mendapat informasi dimana nantinya almarhum dimakamkan. Pihaknya masih menunggu informasi dari petugas haji asal tabalong yang berada disana.
“Biasanya tambahnya apabila ada jamaah haji meninggal dunia di Makkah akan dimakamkan di Ma’lah,” katanya lagi.
Dikatakanya lagi, biasanya petugas selalu melakukan koordinasi dengan petugas haji yang ada disana dan akan selalu melakukan yang terbaik untuk jamaah. Sebelumnya kata katanya lagi, dari data dimiliki oleh kemenag, JCH asal Tabalong berangkat dalam kondisi sehat wal afiat. “Jadi tidak ada seorang pun dari JCH yang dalam kondisi sakit,” katanya.
Namun karena dari pihak kesehatan menyatakan bahwa JCH yang akan berangkat tidak bermasalah dalam hal kesehatan karenanya pihaknya meloloskan JCH yang akan berangkat. Iapun menghimbau kepada petugas khususnya seluruh Jamaah calon haji yang sudah berada di Saudi agar dapat menjaga kesehatan dengan baik.
“Supaya nantinya dapat menjalan sekaligus menyelesaikan  ibadah haji dengan baik dan khusuk. Karena ibadah haji tahun 1435 H ini adalah haji akbar karenanya pula cobaan yang dihadapi tentunya juga akan lebih berat dari tahun-tahun sebelumnya,” sebutnya lagi.
Ia juga menghimbau agar masyarakat Tabalong dapat mendoakan JCH yang ada di saudi agar dapat selamat hingga tiba kembali di Tabalong.
“Dan untuk almarhum kita do’akan beliau mendapatkan tempat yang layak disisi Allah SWT. Untuk keluarga yang ditinggalkan khususnya isteri almarhum yang masih berada di Makkah agar diberi ketabahan dan kesabaran,” imbuhnya. (metro7)