SINGKAWANG, metro7.co.id – Kerja keras tim gabungan TNI-Polri dan BKSDA selama kurang lebih 26 jam untuk mencari harimau yang lepas dari kandangnya di kebun binatang Sinka Zoo Singkawang, Kalimantan Barat, membuahkan hasil. Seekor harimau bernama Tora berhasil diamankan dengan tembak bius, Sabtu kemarin.

Operasi penangkapan harimau Tora ini cukup sulit. Semak-semak hingga pepohonan menjadi rintangan bagi petugas saat berupaya menembakan obat bius ke harimau tersebut.

Hasil pantauan awak media Koran Metro 7.co.id melihat langsung dari jarak jauh kandang tempat Harimau Tora menjalani karantina.
Saat dipanggil oleh Pawang (keeper) Agus Alfian harimau Tora sudah berdiri tegap, terlihat mondar-mandir, Senin 8 Februari 2021 Siang.

“Alhamdulillah harimau Tora ini sudah siuman dan sudah mau makan seperti biasanya,” kata Agus.

Saat di konfirmasi oleh awak media Dokter Maya dokter hewan dari BKSDA Kalimantan Barat mengatakan, Tora hari sore jam 18.00 Wib masuk kekandang, jam 19.05 sudah mulai siuman, kepala diangkat, posisi sudah mulai menjilat-jilat kaki di depan.

“Untuk kondisi tubuh tidak ada yang luka, atau tidak cidera sama sekali dengan harimau tora ini. Setelah pembiusan kemarin saya takutnya ada infeksi, terus saya memberikan antibotik dan vitamin, pasca dari pembiusan saya memberi obat anti intflamasi,” ujar dokter Maya.

Dokter Maya juga mengatakan, kondisi sampai saat ini Harimau Tora stabil. “Stres masih, cuma lebih minim karena sudah mulai istirahat dan sudah mulai mau makan,” katanya.

Harimau Tora dilahirkan oleh harimau bernama Fatma pada 5 Juni 2019. Keduanya merupakan hasil kawin silang antara Harimau Putih Benggala. ***