WONOSOBO, metro7.co.id – Dieng menjadi tuan rumah peringatan Hari Bumi tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2024. Acara ini diselenggarakan di Taman Syailendra Dieng Wonosobo (22/4) lalu dan dihadiri oleh berbagai pejabat terkait, termasuk Pj Gubernur Jawa Tengah dan Bupati Wonosobo.

Dalam kesempatan tersebut, kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup ditekankan sebagai respons terhadap pemanasan global dan perubahan iklim yang semakin terasa.

Bupati Wonosobo menekankan pentingnya peringatan Hari Bumi sebagai momentum untuk menyatukan upaya dalam melestarikan lingkungan, terutama melalui pengembangan Geopark Dieng. Potensi kawasan Dieng tidak hanya terbatas pada keindahan alamnya, tetapi juga meliputi aspek keanekaragaman hayati, budaya, dan warisan geologi yang perlu dilestarikan.

Pengembangan Geopark Dieng didorong sebagai upaya pelestarian lingkungan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat setempat. Dengan dukungan bersama dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan stakeholder terkait, diharapkan langkah-langkah pelestarian lingkungan dapat dirumuskan secara holistik, memperhatikan aspek sosial, ekonomi, dan budaya.

Melalui tema “Green Dieng: Unveiling Geopark Wonders For A Sustainable Tomorrow,” peringatan Hari Bumi tahun 2024 mengangkat informasi mengenai sejarah, keanekaragaman geologi, hayati, dan budaya Dieng. Hal ini bertujuan untuk memberikan perhatian lebih pada kelestarian kawasan Dieng, serta menjadikannya prioritas pembangunan di Jawa Tengah dengan upaya konservasi yang berkelanjutan.***