PARINGIN – Pemerintah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, melakukan upaya perbaikan tempat pengelolaan sampah akhir dengan pembangunan tempat pembuangan sampah terpadu (TPS-T).
Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) Kabupaten Balangan Karim Saudi di Paringin, Selasa mengatakan, tempat pembuangan sampah terpadu bakal dibangun mulai tahun ini.
“Sebenarnya ada tiga lokasi pembangunan tempat pembuangan sampah terpadu, untuk tahun ini, satu tempat pembuangan sampah terpadu bakal direalisasikan oleh pemerintah pusat, bertempat di Kecamatan Batumandi,” katanya.
Nantinya kata Karim, dua tempat lokasi pembangunan tempat pembuangan sampah terpadu lainnya ada di Kecamatan Halong dan Paringin Selatan.
Lebih lanjut dikatakan Karim, jika dulu terkendala pembebasan lahan, sekarang sudah beres semuanya dan tanah sudah dibebaskan dan disiapkan, tinggal realisasi pembangunannya.
“Kalau tanah sudah siap, membangun itu nyaman, tidak ada kendala lagi, pokoknya tinggal menunggu waktu pembangunannya, untuk tempat pembuangan sampah terpadu yang dibangun di Kecamatan Batumand akan didanai oleh Pemerintah Pusat, sementara yang di Kecamatan Halong dan Paringin Selatan masih dianggarkan,” jelasnya.
Dengan adanya tempat pembuangan sampah terpadu ini jelas Karim, pembuangan serta pengelolaan sampah yang ada di Kabupaten Balangan bakal lebih terpadu lagi serta bermanfaat dengan menghasilkan nilai.
“Masing-masing luas lahan tempat pembuangan sampah terpadu berukuran kurang lebih 1000 meter perseg, yang nantinya pengelolaan akan dilakukan oleh masyarakat sekitar,” katanya.
Ditambahkannya, nanti sistem kerjanya akan dibentuk kelompok swadaya masyakarat lokal disana yang akan diberikan bimbingan, pemilahan, dan pembinaan.
“Selama setahun nantinya masyarakat sekitar akan dibina, sampai benar-benar bisa mengelola sampah hingga mempunyai nilai ekonomis, seperti pengolahan kompos dan lainnya,” pungkasnya.
  Selama ini pembuangan sampah akhir untuk Kabupaten Balangan bertempat di desa Tanah Habang, Kecamatan Lampihong. (metro7/sri)