TANJUNG – PT Pertamina Ep Asset 5 Tanjung Field telah merealisasikan program pelestarian keanekaragaman hayati untuk penangkaran Rusa Sambar (Cervus Unicolor) yang telah dicanangkan bersama antara PT Pertamina Ep Asset 5 Tanjung Field bersama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Selatan pada bulan Juni 2013 lalu, sebagai tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) tersebut saat ini sudah ada empat ekor bibit Rusa Sambar yang ditangkarkan di penangkaran dalam lokasi Komperta Murung Pudak.
Selain itu PT Pertamina EP Asset 5 Tanjung Field juga telah membuat kebun tanaman sayur-sayuran dengan memanfaatkan lahan di sekitar lokasi bekas perumahan karyawan, bekerjasama dengan kelompok tani binaan.
PT Pertamina EP Asset 5 Tanjung Field dinilai sangat peduli dan benar-benar mempunyai komitmen yang tinggi terhadap pengelolaan lingkungan, baik di sekitar lokasi wilayah operasional produksi maupun di sekitar komplek-komplek perumahan dan perkantoran sehingga tentunya mendukung program pemerintah daerah dalam program pengembangan kota Hijau (P2KH).
Pada bulan Juni 2014 lalu PT Pertamina Ep Tanjung Field juga menyerahkan bantuan bibit pohon dan buah-buahan sebanyak 17.500 kepada pemerintah daerah kabupaten Tabalong yang diserahkan langsung oleh Field Manager Heragung Ujiantoro dan diterima oleh Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani didampingi Kepala Bapedalda H.Yuzan Noor.
Menurut Supiani warga Tanjung saat bersama putrinya menyaksikan keberadaan Rusa Sambar di penangkaran Sabtu (23/8) ia menuturkan kabupaten Tabalong perlu ada tempat-tempat rekreasi untuk anak seperti kebun binatang maupun tempat rekreasi lainnya. “Saya kalau hari libur seperti ini sering bersama keluarga ke Komperta karena daerahnya sangat sejuk dan banyak pepohonan di sekitar Komperta, lihat saja katanya sambil menunjukan ada beberapa ekor burung yang berada diatas pepohonan di sekitar lokasi penangkaran Rusa Sambar, saya suka melihat dan menikmati suasana alam yang sejuk,” katanya.
Ia menambahkan kalau tidak ada upaya pelestarian seperti yang dilakukan PT Pertamina Ep Tanjung Field, ada kemungkinan di masa-masa yang akan datang generasi banyak yang tidak bisa melihat dan mengenal langsung berbagai flora dan fauna kekayaan alam Tabalong. (Metro7/Via)