BATULICIN, metro7.co.id — Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Perikanan waktu dekat segera melaunching produk khas unggulan daerah yakni pengalengan ikan tenggiri yang akan di pasarkan ke seluruh ritel yang ada diwilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

“Produksi sentra pengalengan ikan itu rencananya akan kita bangun di wilayah Kecamatan Kusan Hilir,” kata Kepala Dinas Perikanan Dahliansyah saat dikonfirmasi melalui pesan singkatnya, Senin (3/4/2023).

Produk ini, lanjut Dahliansyah, merupakan salah satu inovasi yang dilakukan dalam mewujudkan program visi-misi Bupati Tanah Bumbu Abah dr. H. M. Zairullah Azhar untuk meningkatkan perekonomian bagi nelayan dan pelaku usaha.

“Saat ini ada dua jenis produk pengalengan ikan yang sudah siap untuk kita pasarkan yakni pengalengan ikan tenggiri asam manis, dan sambal goreng tenggiri kacang,” ungkap Kadis Perikanan seperti dikutip dari mc.tanahbumbukab.go.id.

Untuk tahap awal, sudah diproduksi sebanyak 500 kaleng, dan kedepan akan diproduksi lebih banyak lagi dan siap untuk dipasarkan di wilayah Tanbu maupun luar daerah.

Produk pengalengan ikan yang lakukan ini sudah melalui beberapa tahap proses uji laboratorium terkait ketahanan atau kadaluarsa produk pengalengan ikan tersebut, dan hasilnya memuaskan.

Produk pengalengan ikan ini mampu bertahan hingga satu tahun tanpa bahan pengawet.

“Launching perdana Insya Allah akna kita dilaksanakan pada 8 April nanti bertepatan dengan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Tanah Bumbu di halaman kantor bupati,” terangnya.

Ia berharap, pengalengan ikan ini dapat terus berkembang, sehingga para pelaku usaha kecil khususnya UMKM dapat memasarkan produknya pengalengan ikan ini. *