TANJUNG, metro7.co.id – Pemilihan Utuh Diyang Kabupaten Tabalong Tahun 2023 telah menjalani beberapa tahapan proses hingga akhirnya selesai.

Jumlah peserta dari pemilihan Utuh Diyang tersebut sebanyak 102 orang dan yang lulus seleksi sebanyak 76 orang.

Kemudian dari 76 orang melalui proses seleksi yang dilakukan dewan juri terpilih menjadi 24 orang putra putri atau 12 pasang peserta.

Selanjutnya melalui tahapan seleksi lanjutan, baik seleksi berkas, interview, penampilan bakat.

Dan saatnya dilaksanakan grand final pada, Rabu (23/8), di Aula Pendopo Bersinar Pembataan. Pada grand final ini dipilih menjadi 8 pasang putra putri.

“Pemenang nanti akan mewakili Kabupaten Tabalong di tingkat provinsi nantinya sebanyak 2 pasang atau 2 putra dan 2 putri,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Tabalong, H Hasbi dalam laporannya pada grand final Utuh Diyang.

Ia berharap, yang terpilih nanti dapat mewakili Kabupaten Tabalong dan akan kembali berjaya di Tingkat Provinsi seperti pada tahun-tahun yang lalu. “Selalu Kabupaten Tabalong menjadi terbaik untuk di Tingkat Provinsi,” harapnya.

Sementara Sekretaris Daerah Tabalong, Hj Hamida Munawarah mewakili Bupati dalam sambutannya menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah sangat mendukung dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini.

“Karena dengan terpilihnya Utuh Diyang Tanjung dapat menjadikan mitra Pemerintah Daerah dalam berpikir dan berkarya untuk menyumbangkan pembangunan, khususnya memperkenalkan Bumi Saraba Kawa ke daerah lain, baik di Indonesia maupun di seluruh penjuru dunia,” bebernya.

Ia berharap, agar Utuh Diyang Tanjung sebagai duta daerah Kabupaten Tabalong hendaknya menjadi tauladan dan panutan di tengah-tengah masyarakat khususnya bagi generasi muda, baik dalam bertindak, berbuat, bertingkah laku maupun bertutur sapa.

“Sebab menjadi Utuh Diyang Tanjung tidaklah mudah dan memerlukan proses yang cukup panjang, sehingga mereka dapat lulus dari tahap seleksi hingga melaju ke grand final merupakan yang terbaik seperti yang kita saksikan pada hari ini,” katanya.

Ia kembali mengajak kepada seluruh Utuh Diyang yang datang dari berbagai kecamatan di Tabalong ini, agar lebih piawai dalam mempromosikan daerah sehingga membantu pembantu pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat terutama pariwisatanya, sehingga industri pariwisata yang diandalkan semakin berkembang dan pengunjung bertambah setiap tahun.

“Utuh Diyang Tanjung kali ini juga dinilai sebagai upaya kita untuk menumbuh kembangkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap budaya daerah yang kita miliki,” tutupnya.

Diketahui dari hasil grand final terpilih dan dinobatkan sebagai Utuh Diyang Tanjung Tahun 2023, yaitu Ryoga Ariefa Dhaniswara (Utuh Tanjung), Sofia Natasya Soraya (Diyang Tanjung).